Jumat, 12 Februari 2010

Membuat Flasdisk bisa bootable

Banyak sekali cara untuk menjadikan flashdisk anda menjadi bootable, hal ini saya tulis di blog ini karena pengalaman kemarin sewaktu saya berada di Semarang saat ada acara opening service center baru disana, dengan kondisi kantor baru tentu saja belum semua tools tersedia lengkap. Dan waktu itu harus mengupdate bios netbook sekitar 20 unit.


Netbook memang berbeda dengan notebook, biasanya netbook tidak dilengkapi dengan ODD (Optical Disk Drive), sehingga kalau untuk keperluan install software atau update bios kita memerlukan perangkat lain seperti eksternal ODD.

Sedangkan kemarin tidak tersedia eksternal ODD, yang ada cuma sebuah flashdisk. Jadi jalan satu-satunya adalah membuat flashdisk tersebut bootable serta mengcopy file biosnya ke dalam flashdisk.

Untuk membuat bootable flashdisk secara sederhana bisa dipakai cara sebagai berikut, utilitis yang saya pakai adalah dari HP, yang disebut dengan HP Windows Format Utility for USB Drive Key, bisa di download disini. Kemudian kita juga memerlukan Windows 98 files, bisa di download disini.

Kemudian extractlah kedua file tersebut dan install program HP windows format utility tadi, sambungkan USB flashdisk yang akan digunakan untuk bootable kekomputer dan jalankan program tersebut, tampilan programnya seperti dibawah ini.


Di bagian DEVICE , pilih FlashDisk yang tadi sudah disambungkan ke PC.

Bagian File System , pilih FAT 32

Untuk Volume Label , silahkan isi dengan apa saja

nah di bagian Format Options , click options yang Create a DOS Startup Disk lalu pilih yang Using DOS system files located at : , click button … dan browse ke folder WIN98 hasil extract tadi.

Selesai dan flashdisk anda bisa digunakan untuk bootable disk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar